Sunday, March 11, 2007

Muffin Gurih


Pas libur Labour day, Syahan jadi libur juga dari Child Care, tapi mau jalan2 juga ayahnya gak ikutan libur... Syahan agak kecewa juga sih, tapi akhirnya dia happy juga main sama Sandra. Dan seharian itu mereka jadi anak yang manis banget, no screaming, no crying, no tantrum. Pokoknya baik dan akur banget deh itu anak berdua.

Pas dia mau tidur siang aku nanya sama Syahan, mau apa nih buat tea time dan dia bilang Muffin, kebetulan Syahan senang banget sama Cheese Muffin yang dibikin sama tante Ami. Tapi pas aku ke dapur yah... ternyata cheesenya abis. Promise is a promise, ya udah.. berkreatifitas deh bikin resep baru. Pake daging giling ditengahnya. Walaupun gak lazim hasilnya enak karena gurih dan Syahan dan Sandra happy pas bangun tidur ada Muffin hangat.

Bahannya
- 1 1/2 cup plain flour
- 3 sendok teh baking powder
- 1/2 bungkus royco rasa sapi
- 2 sdm gula gula halus
- 1 telur
- 1/4 cup mentega leleh
- 1 cup susu

Untuk isi daging giling : Tumis 1/2 bawang bombay dan 2 siung bawang putih, lalu masukkan 100 gr daging giling, tumis sampai daging matang. Tambahkan 1/2 bungkus royco sapi dan 1/4 sdt merica bubuk. Dinginkan.

Caranya :
- Campurkan tepung, baking powder, royco, dan gula di mangkuk besar. Di wadah lain campurkan telur, susu dan mentega leleh. Tuangkan campuran susu ke dalam campuran tepung sambil diaduk menggunakan sendok kayu sampai rata.
- Tuangkan kedalam cetakan muffin yang sudah dioles mentega 1 sendok teh adonan muffin lalu letakkan 1 sendok daging tumis diatasnya dan tutup kembali dengan 1 sendok makan adonan muffin. Lakukan sampai adonan habis.
- Bakar didalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu pada suhu 200 derajat celcius selama 25 sampai 30 menit. Enak disajikan hangat maupun dingin.

nb : aku gak pake mangkuk kertas karena muffin jadinya malah lengket di kertas (agak mubazir gitu). Kalau memang mau pake mangkuk kertas it's allright. Tapi saran aku sih bakar aja dulu, dinginkan baru letakkan satu persatu di mangkuk kertas. Hasilnya cantik dan muffinnya gak lengket.

No comments: